Search This Blog

Tuesday, December 13, 2011

Go Green !

Go Green



Kerusakan ekosistem alam yang dilakukan manusia menjadikan gerakan penghijauan ini terbentuk.

Polusi udara, menipisnya lapisan ozon yang termasuk ke dalam penyebab global warming membuat pergerakan “Go Green” semakin gencar dilakukan.

Diantarnya “Bike to Work, daur ulang sampah, pengurangan penggunaan plastik dan beberapa barang yang tak bisa didaur ulang” yang perlu kita lakukan.

Bumi bukanlah sekedar rumah bagi kita, tetapi bumi ialah tempat kita belajar dan berbagi dengan sesama.

“Cintailah bumi dan inspirasinya akan menguntungkan Anda”


Daur Ulang



Dalam pengupayaan “Go Green”, sudah puluhan bahkan mungkin ratusan tahun yang lalu, manusia telah mengenal “Daur Ulang” sebagai salah satu cara penghijauan yang menguntungkan.

Prinsip 4R menjadi bagian dari proses daur ulang tersebut. Reuse, Reduce, Recycle, and Replace. 4 hal ini yang mulai dilakukan oleh beberapa orang yang sadar akan pentingnya penghijauan. Berikut penjelasannya:
Reuse (Menggunakan kembali). Ada baiknya, jika kita menghindari barang-barang yang hanya bisa sekali pakai. Meng-charge baterai, menjadi salah satu contoh ketimbang kita membeli yang baru, yang hanya menambah timbunan sampah.

Reduce (mengurangi). Styrofoam (gabus), kantong plastik dan beberapa lainnya, sebaiknya kita hindari danmengurangi penggunaannya. Karena barang-barang tersebut sulit untuk di daur ulang dan jikapun bisa akan menghabiskan bahan bakar yang lebih banyak untuk mengolahnya.

Recycle (Mendaur Ulang). Seperti Judul artikel ini, daur ulang menjadi hal terbaik yang bisa kita lakukan dan justru bisa menguntungkan kita menemukan inovasi baru, juga sebagai ladang bisnis yang menggiurkan untungnya.

Replace (Mengganti). Untuk mengurangi limbah plastik dan barang-barangyang sulit di recycle dengan barang yang lebih aman lingkungan. Seperti mengganti kantong plastik dengan tas belanjaan terbuat dari kain ataupun mengganti tempat makanan styrofoam dengan tempat makanan dari mika.

So, sayangilah Bumi dan bagikan inspirasinya!

“Bagi pecinta lingkungan, daur ulang adalah aktifitasyang membuat mereka lebih cerdas dengan inovasi-inovasi baru”


http://dimasseptiawan.pun.bz/go-green.xhtml

No comments:

Post a Comment